Minggu, 30 Mei 2010

Wisata Pemandian Sungai Cibatok

Sungai Cibatokdi Bogor Selatan hampir tidak pernah sepi pengunjung di setiap hari libur. Kendatipun jalan untuk mencapai badan sungai itu harus menuruni lurah yang terjal. Karena memang sudah diniatkan sebagai tempat wisata pemerintah pun sudah menyediakan ratusan anak tangga untuk menuju kawasan tersebut, jadi pengunjung dengan tabah melewati satu per satu dari anak tangga tersebut.

Dari atas bukit sebelum sampai ke sungai, kelihatan Sungai Cibatok yang hendak dituju membentang seperti jarum kompas dari utara hingga selatan. Di samping kanan dan kirinya banyak saung-saung yang didirikan baik untuk peristirahatan sementara, maupun rumah penduduk setempat. Di sana juga terdapat seperti pasar kecil, tempat pedagang menjual beragam souvenir oleh-oleh untuk di bawa pulang bagi pengunjung. Di sana juga tersedia mushalla untuk beribadah.

Sungai Cibatok yang di samping kiri dan kanan adalah perbukitan yang masih rindang, membuat sungai ini berhawa sejuk. Di sungainya mengalir air yang jernih, dan terdapat banyak lubuk-lubuk untuk pengunjung mandi dan bermain air. Airnya tidak begitu deras, jadi tidak akan menghanyutkan dan memungkinkan anak-anak kecil pun dengan riang mandi-mandi di sana. Meski tidak deras, air sungai Cibatok tetap mengalir lancar menuju muara.

Ada yang lebih menarik di Sungai Cibatok, yang menjadikan ia sangat berbeda dengan sungai-sungai atau tempat pemandian lainnya. Di sini, selain dapat menikmati segarnya air sungai, pengunjung juga dapat menikmati hangatnya air panas yang mengalir di sisi kiri sungai yang keluar dari badan perbukitan.

Bagi pemerintah setempat air panas itu sudah dibuatkan pancurannya, dengan demikian pengunjung dapat menikmati hangatnya air panas di Cibatok. Tersedia juga beberapa kolam kecil bagi yang ingin berendam. Layaknya di sebuah sauna, mandi di pemandian air panas Cibatok benar-benar menyegarkan.

Ramainya pengunjung datang ke Cibatok, baik yang tua maupun yang muda bukan hanya karena masalah indahnya alam di sekitar sungai itu, akan tetapi karena dengan sekali berkunjung ke sana pengunjung mendapat dua kenikmatan segernya air sungai yang mengalir, hangatnya air pancuran.

sumber :http://id.shvoong.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar